Pages

Mengenai Saya

Foto saya
Jakarta Utara, DKI Jakarta, Indonesia
Berjuang untuk meraih mimpi yang tertunda.

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Gemar Meneroka Alam

Senin, 15 Juli 2013


SATUAN PENDIDIKAN    : SMAN 83 Jakarta
KELAS/SEMESTER            : X/1
MATA PELAJARAN           : Bahasa Indonesia
TEMA                                  : Gemar Meneroka Alam Semesta
TOPIK                                 : Laporan Hasil Observasi
PERTEMUAN  KE              : 1 ( pertama )
ALOKASI WAKTU            : 4X45 menit

A.    KOMPETENSI DASAR            :
1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam  memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks anekdok, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi.

2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk melaporkan hasil observasi.

3.1 Memahami struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan.

4.1 Menginterpretasi makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan.

B.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI            :
1.    Menentukan ciri-ciri teks laporan hasil observasi baik melalui lisan dan tulisan.
2.    Mengidentifikasi struktur kebahasaan pada laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan.
3.    Menafsirkan isi teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan dengan tepat.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN                            :
a.    Setelah membaca contoh teks laporan hasil observasi dan mendiskusikannya, siswa dapat menentukan ciri-ciri teks laporan hasil observasi baik melalui lisan maupun tulisan.
b.    Setelah berdiskusi dan berlatih, siswa dapat mengidentifikasi struktur kebahasaan pada laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan.
c.    Setelah mengidentifikasi struktur kebahasaan pada laporan hasil observasi, siswa dapat menafsirkan isi laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan.

D.    MATERI AJAR                                                  :
a.    Contoh teks Laporan Hasil Observasi
b.    Struktur teks Laporan Hasil Observasi (struktur teks pernyataan umum/klasifikasi dan diikuti oleh anggota/aspek yang dilaporkan)
c.    Struktur kebahasaan pada laporan observasi meliputi kelompok verba, sinonim dan antonim, konjungsi, kalimat.

E.     PENDEKATAN
Ilmiah / Scientific: discovery learning

F.      METODE PEMBELAJARAN                           :
Metode : ceramah, tanya jawab,diskusi kelompok dan penugasan.
G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama
a.     Kegiatan Pendahuluan
1)   Siswa merespon salam dan mengekspresikan nilai-nilai sosial dan kemanusiaan melalui interaksi simpatik dan empatik.
2)   Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3)   Siswa menerima informasi tentang kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.



b.    Kegiatan Inti
1)   Siswa menggali informasi tentang laporan hasil observasi dengan tanya jawab secara lisan.
2)   Siswa  mencermati contoh laporan hasil observasi dengan judul “Makhluk di Bumi Ini”
3)   Siswa mendiskusikan dengan penuh tanggung jawab dan santun laporan hasil observasi “Makhluk di Bumi Ini”.
4)   Siswa  kemudian  menentukan ciri-ciri teks laporan hasil observasi.
5)   Siswa bersama kelompok mengidentifikasi struktur kebahasaan pada laporan hasil observasi “Makhluk di Bumi Ini”.
6)   Siswa menafsirkan isi laporan hasil observasi secara singkat dan tepat.
7)   Setiap kelompok melaporkan hasil diskusinya dan siswa lain member tanggapan.

c.       Kegiatan Penutup           
1)   Siswa bersama guru merangkum/menyimpulkam pembelajaran.
2)   Siswa dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang telah dilakukan.
3)   Siswa dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
H.    ALAT DAN SUMBER BELAJAR
a.    Alat dan Bahan: Contoh Laporan Hasil Observasi “Makhluk di Bumi Ini”
b.    Sumber Belajar:-Buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik
                                   -Kamus Besar Bahasa Indonesia
                                                          
PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
a.     Teknik             : lisan dan tertulis
b.    Bentuk                        : produk: tugas, observasi, portofolio
c.     Instrumen (tes dan nontes)

1.      Penilaian Proses

LEMBAR PENGAMATAN SIKAP

Mata Pelajaran     :  Bahasa Indonesia
Kelas / semester   :  X / 1
Tema                    :  Gemar Meneroka Alam Semesta
Topik                    :  Laporan Hasil Observasi
Waktu                  :  Hari, tanggal, dan jam
Indikator              :  Perkembangan sikap berbahasa yang diamati; tanggung   
                                                  jawab, responsif/peduli, santun, dan jujur.
Panduan Penskoran

SKOR
KUALITAS
DESKRIPSI
2
Kurang
BT (belum tampak) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas.
3
Sedang
MT (mulai tamapak) jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, tetapi masih sedikit dan belum konsisten.
4
Baik
MB (mulai berkembang) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai konsisten.
5
Sangat baik
MK (mulai konsisten/membudaya) jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan konsisten.










Bubuhkan tanda cek (V) pada kolom sesuai hasil pengamatan.
NO
NAMA  SISWA
ASPEK  SIKAP YANG DINILAI
Tanggung jawab
Responsif / peduli
Santun
Jujur
Jumlah skor
·          






·         2






·         3






·         4






·         N






2.      Penilaian Hasil Belajar

LEMBAR PENILAIAN HASIL BELAJAR
Mata Pelajaran     :  Bahasa Indonesia
Kelas / semester   :  X / 1
Tema                    :  Gemar Meneroka Alam Semesta
Topik                    :  Laporan Hasil Observasi
Waktu                  :  Hari, tanggal, dan jam
Indikator              :  -    Menentukan ciri-ciri teks laporan hasil observasi
-          Mengidentifikasi struktur kebahasaan pada laporan hasil observasi
-          Menafsirkan isi teks laporan hasil observasi
NO.
ASPEK YANG DINILAI
SKOR

1.
Ciri-ciri teks laporan hasil observasi (pernyataan umum/klasifikasi dan diikuti oleh anggota/aspek yang dilaporkan)
a.       Sangat tepat
4
b.      Tepat
3
c.       Cukup tepat
2
d.      Tidak tepat
1

2.
Identifikasi struktur kebahasaan pada laporan hasil observasi ( kelompok verba, sinonim dan antonym, konjungsi, kalimat)
a.       Sangat tepat
4
b.      Tepat
3
c.       Cukup tepat
2
d.      Tidak tepat
1

3.
Menafsirkan isi laporan hasil observasi
a.       Sangat tepat
4
b.      Tepat
3
c.       Cukup tepat
2
d.      Tidak tepat
1
JUMLAH  SKOR

Mengetahui :                                                                                                Jakarta, 10 Juli 2013
Kepala SMA Negeri 83 Jakarta                                       Guru Mata Pelajaran                       
                                                                                                         

Gatot Handoyo, S.Pd                                                           Dedeh Turidah, M.Si
NIP. 196904111992011001                                                  NIP. 196406061985032011

2 komentar

 

Blogger news

Blogroll

Most Reading