SATUAN PENDIDIKAN : SMAN 83 Jakarta
KELAS/SEMESTER : X/1
MATA PELAJARAN : Bahasa
Indonesia
TEMA : Gemar
Meneroka Alam Semesta
TOPIK : Laporan
Hasil Observasi
PERTEMUAN KE : 1 ( pertama )
ALOKASI WAKTU : 4X45 menit
A.
KOMPETENSI
DASAR :
1.2
Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai
sarana komunikasi dalam
memahami, menerapkan, dan menganalisis
informasi lisan dan tulis melalui teks anekdok, eksposisi, laporan hasil
observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi.
2.2
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk melaporkan hasil observasi.
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks anekdot,
eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks dan negosiasi baik
melalui lisan maupun tulisan.
4.1 Menginterpretasi makna teks anekdot, eksposisi,
laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan
maupun tulisan.
B.
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI :
1. Menentukan
ciri-ciri teks laporan hasil observasi baik melalui lisan dan tulisan.
2. Mengidentifikasi
struktur kebahasaan pada laporan hasil observasi baik secara lisan maupun
tulisan.
3. Menafsirkan
isi teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan dengan tepat.
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN :
a. Setelah
membaca contoh teks laporan hasil observasi dan mendiskusikannya, siswa dapat
menentukan ciri-ciri teks laporan hasil observasi baik melalui lisan maupun
tulisan.
b. Setelah
berdiskusi dan berlatih, siswa dapat mengidentifikasi struktur kebahasaan pada
laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan.
c. Setelah
mengidentifikasi struktur kebahasaan pada laporan hasil observasi, siswa dapat
menafsirkan isi laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan.
D.
MATERI
AJAR :
a.
Contoh teks Laporan Hasil Observasi
b.
Struktur teks Laporan Hasil Observasi (struktur teks
pernyataan umum/klasifikasi dan diikuti oleh anggota/aspek yang dilaporkan)
c.
Struktur kebahasaan pada laporan observasi meliputi
kelompok verba, sinonim dan antonim, konjungsi, kalimat.
E.
PENDEKATAN
Ilmiah /
Scientific: discovery learning
F.
METODE
PEMBELAJARAN :
Metode :
ceramah, tanya jawab,diskusi kelompok dan penugasan.
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
Pertama
a.
Kegiatan Pendahuluan
1)
Siswa merespon salam dan mengekspresikan nilai-nilai
sosial dan kemanusiaan melalui interaksi simpatik dan empatik.
2)
Siswa menerima informasi tentang keterkaitan
pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3)
Siswa menerima informasi tentang kompetensi, materi,
tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
b.
Kegiatan Inti
1)
Siswa menggali informasi tentang laporan hasil
observasi dengan tanya jawab secara lisan.
2)
Siswa mencermati contoh laporan hasil observasi dengan
judul “Makhluk di Bumi Ini”
3)
Siswa mendiskusikan dengan penuh tanggung jawab dan
santun laporan hasil observasi “Makhluk di Bumi Ini”.
4)
Siswa kemudian menentukan ciri-ciri teks laporan hasil
observasi.
5)
Siswa bersama kelompok mengidentifikasi struktur
kebahasaan pada laporan hasil observasi “Makhluk di Bumi Ini”.
6)
Siswa menafsirkan isi laporan hasil observasi secara
singkat dan tepat.
7)
Setiap kelompok melaporkan hasil diskusinya dan siswa
lain member tanggapan.
c.
Kegiatan Penutup
1)
Siswa bersama guru merangkum/menyimpulkam
pembelajaran.
2)
Siswa dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan
yang telah dilakukan.
3)
Siswa
dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
H.
ALAT
DAN SUMBER BELAJAR
a.
Alat dan
Bahan: Contoh Laporan Hasil Observasi “Makhluk di Bumi Ini”
b.
Sumber
Belajar:-Buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik
-Kamus Besar Bahasa Indonesia
PENILAIAN
PROSES DAN HASIL BELAJAR
a.
Teknik : lisan dan tertulis
b.
Bentuk : produk: tugas,
observasi, portofolio
c.
Instrumen (tes dan nontes)
1.
Penilaian Proses
LEMBAR
PENGAMATAN SIKAP
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas /
semester : X / 1
Tema : Gemar Meneroka Alam Semesta
Topik : Laporan Hasil Observasi
Waktu : Hari, tanggal, dan jam
Indikator :
Perkembangan sikap berbahasa yang diamati; tanggung
jawab, responsif/peduli, santun, dan jujur.
Panduan
Penskoran
SKOR
|
KUALITAS
|
DESKRIPSI
|
2
|
Kurang
|
BT (belum tampak) jika sama sekali tidak menunjukkan
usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas.
|
3
|
Sedang
|
MT (mulai tamapak) jika menunjukkan sudah ada usaha
sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, tetapi masih sedikit dan belum
konsisten.
|
4
|
Baik
|
MB (mulai berkembang) jika menunjukkan ada usaha
sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai
konsisten.
|
5
|
Sangat baik
|
MK (mulai konsisten/membudaya) jika menunjukkan
adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus
dan konsisten.
|
Bubuhkan tanda cek (V) pada kolom sesuai hasil
pengamatan.
NO
|
NAMA SISWA
|
ASPEK SIKAP YANG DINILAI
|
||||
Tanggung jawab
|
Responsif / peduli
|
Santun
|
Jujur
|
Jumlah skor
|
||
·
|
||||||
·
2
|
||||||
·
3
|
||||||
·
4
|
||||||
·
N
|
2.
Penilaian Hasil Belajar
LEMBAR
PENILAIAN HASIL BELAJAR
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas /
semester : X / 1
Tema : Gemar Meneroka Alam Semesta
Topik : Laporan Hasil Observasi
Waktu : Hari, tanggal, dan jam
Indikator :
- Menentukan ciri-ciri teks
laporan hasil observasi
-
Mengidentifikasi struktur kebahasaan pada laporan
hasil observasi
-
Menafsirkan isi teks laporan hasil observasi
NO.
|
ASPEK YANG DINILAI
|
SKOR
|
|
1.
|
Ciri-ciri
teks laporan hasil observasi (pernyataan umum/klasifikasi dan diikuti oleh
anggota/aspek yang dilaporkan)
|
a. Sangat
tepat
|
4
|
b. Tepat
|
3
|
||
c. Cukup
tepat
|
2
|
||
d. Tidak
tepat
|
1
|
||
2.
|
Identifikasi
struktur kebahasaan pada laporan hasil observasi ( kelompok verba, sinonim
dan antonym, konjungsi, kalimat)
|
a. Sangat
tepat
|
4
|
b. Tepat
|
3
|
||
c. Cukup
tepat
|
2
|
||
d. Tidak
tepat
|
1
|
||
3.
|
Menafsirkan
isi laporan hasil observasi
|
a. Sangat
tepat
|
4
|
b. Tepat
|
3
|
||
c. Cukup
tepat
|
2
|
||
d. Tidak
tepat
|
1
|
||
JUMLAH SKOR
|
Mengetahui
: Jakarta, 10 Juli 2013
Kepala SMA Negeri 83 Jakarta Guru Mata Pelajaran
Gatot
Handoyo, S.Pd Dedeh
Turidah, M.Si
NIP.
196904111992011001 NIP.
196406061985032011
Bagi RPPta K'.......
BalasHapusteks observasinya? :/
BalasHapus